Sistem Pembiayaan Pertanian

Sisitem Pembiayaan Pertanian 

Seperti telah diuraikan pada bagian terdahulu, pemerintah Indonesia telah mengaplikasikan mekanisme kredit subsidi berupa program Kredit UsahaTani (KUT). Program ini bertujuan untuk menggerakkan dengan cepat likuiditas pada produsen dan konsumen melalui mekanisme sistem delivery . 

Selanjutnya pemerintah mengganti KUT dengan program kredit yang baru, yaitu Kredit Ketahanan Pangan (KKP). Aturan main KKP kembali pada partisipasi bank dengan pertimbangan resiko (executing). Pada Januari 2002, jumlah peminjam melalui KKP dengan aturan yang baru adalah sangat sedikit, jauh dibawah perkiraan awal. 

Dana pedesaan merupakan artikulasi strategi pembiayaan pedesaan yang lebih fokus pada perluasan jangkauan ketimbang kelengkapan kredit bersubsidi. KKP merupakan satu dari skim bersubsidi yang didukung pemerintah telah dikurangi secara bertahap dan diakhiri pada tahun 2004. 

Untuk mengatasi masalah petani setelah krisis di pedesaan, Departemen Pertanian meluncurkan program penguatan modal secara permanen dengan pembentukan Lembaga Pembiayaan Mikro yang merupakan upaya untuk pemberdayaan petani.

0 comments:

Post a Comment

 

X-tra Indonesia Blogger Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger