Sistem Operasi Symbian

Sistem Operasi Symbian yang didirikan sejak tahun 1998 dulunya digunakan oleh Nokia dan hingga saat ini telah digunakan oleh banyak Vendor Smartphone, Symbian telah mengalami perkembangan yang drastis dan hingga sekarang tetap menjadi nomor satu untuk OS kategori Smartphone. Versi OS Symbian ada banyak dari versi 6 hingga 9 tapi OS Symbian telah membuat sebuah kategori untuk pengelompokan OS menurut bentuk dan fungsinya daripada menurut versinya, hal ini dilakukan agar pengguna dan para developer tidak terlalu pusing dengan versi yang cukup bervariasi ini tapi cukup dengan mengerti tipe nya saja, contohnya adalah kelompok S60 (Series 60), S80, S90, dan Symbian UIQ. Symbian tidak menyebut produk elektronik yang menggunakan OS nya sebagai PDA atau PDA phone tapi selalu menggunakan sebutan sebuah nama ”Smartphone”.
Sistem operasi symbian bukanlah software yang open source secara penuh karena masih ada ketersediaan API. Sistem operasi symbian dikembangkan oleh Symbian Ltd yang dirancang untuk digunakan di peralatan bergerak (mobile). Sejak awal didirikan, Symbian telah memimpin dalam perangkat system operasi pada handphone seperti smartphones dan communicator. Banyak aplikasi yang dapat di gunakan pada system operasi ini. Aplikasi yang di buat dapat menggunakan bahasa C++, java atau VC++. Sistem operasi pada symbian pun dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman C++. Symbian juga memberikan kemampuan untuk berinternet dengan PPP, FTP, TCP/IP dan dapat juga mentransfer data atau file dengan menggunakan Bluetooth dan Inframerah. Pembangunan aplikasi pada sistem operasi Symbian menggunakan perangkat lunak “series 60 SDK for symbian C++” yang disediakan oleh nokia. Perangkat lunak ini terdiri dari compiler, emulator, dan dokumentasi bahasa Symbian C++.
Sistem Operasi Symbian
Secara umum arsitektur Symbian OS terbagi menjadi 4 lapisan berdasarkan penggunaan API, yaitu:
· Lapisan pendukung aplikasi (Application Utility Layer)
· Lapisan layanan dan framework antar muka grafis (GUI framework)
· Lapisan komunikasi
· Lapisan sistem API dasar

Untuk memasimumkan interoperabilitas kategoridalam klasifikasi API yang tersedia, yaitu :
· API Symbian Umum
· API Symbian Umum tergantikan
· API Symbian Opsional

Sistem operasi pada symbian mampu melakukan multitasking yaitu, dapat membuka lebih dari 1 aplikasi sekaligus. Symbian OS v9.2 melakukan pembaharuan pada aplikasi bluetoothnya. Sedangkan symbian OS v9.3 melakukan penambahan aplikasi yaitu, wi-fi. Dan akhirnya Symbian mengeluarkan versi terbarunya yaitu, s60v5. Type handphone yang menggunakan versi terbaru ini adalah nokia 5800xm, n97 dan nokia 5530. Aplikasi yang di install pada symbian biasanya berformat .sis atau .sisx. sedangkan untuk java biasanya berformat .jar. Seringkali banyak aplikasi yang sedang di install tidak bisa atau bertuliskan “certificate error” atau “expired certificate”. Ini di karenakan Handphone masih bersertifikat. Namun, seiring dengan kecanggihan teknologi, akhirnya symbian dapat di hack. Bahkan symbian s60v5 adalah versi terbaru nokia dapat di hack juga.

Symbian dipandang lebih unggul karena:
1. Sistem operasi ini sejak awal dirancang khusus untuk ponsel. Berbeda dengan Microsoft dan Linux yang diadopsi dari komputer.

2. Berkat fitur CC+, Java (J2ME) MIDP 2.0, PersonalJava 1.1.1a, dan WAP, Sistem operasi symbian ini sangat terbuka sehingga siapapun bisa mengembangkannya. terbukti banyak beredar aplikasi-aplikasi tambahan untuk OS berbasis Symbian atau platform Java.

Symbian menyediakan suatu user interface (UI) framework yang fleksibel, sehingga supaya para vendor bisa menvariasikan produk-produknya. Symbian telah mengeluarkan Operating System untuk smartphone terbaru nya yaitu versi 9.3, Symbian menyatakan bahwa versi 9.3 ini akan lebih mempercepat, mempermurah para vendor handphone dan para operator untuk mendapatkan servis dan fasilitas terbaik seperti mendukung WiFi, Firmware update secara online (FOTA), dukungan HSDPA, VoIP melalui IPSec, dukungan secara native untuk Push To Talk, dukungan Java JSR 248, Platform sekuriti yang lebih stabil dan lebih baik untuk memproteksi dari virus dan spam, dukungan untuk fasilitas graphic 3D yang lebih baik (vector floating point).

0 comments:

Post a Comment

 

X-tra Indonesia Blogger Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger