Akibat Dari Revolusi Telekomunikasi

Hampir dalam segala bidang kehidupan kita sedang mengalami perubahan yang pesat. Kita dapat melihat, mendengar atau bahkan mengalami berbagai perubahan itu, baik yang mempunyai akibat secara langsung pada diri kita ataupun secara tidak langsung, serta yang terjadi dilingkungan sekitar ataupun lingkungan global.

Di penghujung awal dua puluh satu banyak orang yang mengidentikan perubahan yang sedang terjadi secara pesat merupakan bagian dari tren globalisasi. Fenomena yang sedang terjadi diperkuat oleh pendapat seorang futuristis yaitu John Naisbitt dalam bukunya Global Paradox (sumber majalah HP edisi 3:2002). Ia menulis bahwa “salah satu penyebab perubahan yang terjadi adalah Akibat Dari Revolusi Telekomunikasi. Dengan adanya revolusi telekomunikasi sebagai salah satu bentuk perubahan yang sedang terjadi dengan pesat, telah mengakibatkan perubahan pada gaya hidup masyarakat dalam berkomunikasi.” 

Sejalan dengan kemajuan serta perubahan tekhnologi,  peran informasi semakin penting, masyarakat menuntut terjadinya kemudahan disegala bidang yang mampu menunjang aktivitas mereka dalam berkomunikasi, telepon selular, voip, email adalah beberapa contoh dari kemajuan perangkat tekhnologi komunikasi. Dengan hadirnya perangkat tersebut telah mempermudah dan sekaligus mempengaruhi cara berkomunikasi kita saat ini serta kebutuhan akan berkomunikasipun berubah dengan pesat, kemudahan dan kecepatan dalam mengakses informasi menjadi suatu kebutuhan vital dalam berkomunikasi saat ini. Bill Gates mengemukakan dalam speed of thougths, bahwa keunggulan dalam bersaing akan dapat jika kita memperoleh informasi paling cepat mengolahnya dengan tepat serta mendistribusikan informasi tersebut secara tepat dan cepat.

Untuk menjawab kebutuhan ini, dibutuhkan suatu perangkat yang dapat melakukan transfer informasi secara cepat, kapan saja dan dilokasi manapun,       handphone atau yang biasa kita kenal dengan ponsel adalah salah satu piranti telekomunikasi yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dalam berkomunikasi.

Potensi pasar ponsel di Indonesia masih terbuka dengan lebar. Pada tahun 2003 jumlah pengakses ponsel adalah sebesar 10 juta orang dan diperkirakan pada tahun 2004 jumlah itu akan meningkat menjadi 15 sampai 20 juta orang. Nokia, Sony Ericcson, motorola, siemens adalah beberapa nama produsen ponsel yang ikut menyemarakan pasar ponsel; ditanah air. Suatu riset mengemukakan bahwa jika dinegara lain mereka membutuhkan alat komunikasi ini sebagai alat berkomunikasi untuk menunjang pekerjaan mereka, di Indonesia lebih untuk ber-fashion style.

Melihat iklim usaha yang hiperkompetetif ,  perusahaan diharuskan dapat mempertahankan keunggulan kompetetifnya secara berkelanjutan.

Salah satu perusahaan yang mampu mempertahankan keunggulan kompetetifnya sebagai produsen ponsel adalah NOKIA. Menurut informasi yang penulis dapatkan bahwa posisi pasar produsen handphone terbesar di Indonesia adalah NOKIA, dan 35 % didunia adalah konsumen pengguna produk ponsel NOKIA (sumber:nokia.co.id).   

Konsumen adalah salah satu faktor yang sangat penting yang harus diperhatikan oleh produsen ponsel dalam hal ini adalah NOKIA. Sebagai salah satu upaya untuk dapat menjaga hubungan baik dengan para pemakai produknya, NOKIA sebaiknya  mengetahui bagaimana respon konsumen terhadap kinerja bauran produk pada produk yang dihasilkannya.

Berdasarkan observasi yang dilakukan penulis melalui wawancara dengan counter-counter ponsel di Bandung terutama di BEC (Bandung Electronic Center) sebagai pusat penjualan handphone terbesar di Bandung, pada saat ini hampir 70% konsumen di Bandung menggunakan Handphone merek NOKIA sebagai pilihan utamanya

Sebagai salah satu usaha yang potensial untuk mempengaruhi proses pengambilan keputusan pembelian konsumen, kinerja bauran produk mempunyai peran yang tidak sedikit pada proses pembelian konsumen namun pada kenyataannya, terdapat peran dari usaha marketing lainnya yang mempengaruhi proses tadi dan dengan keadaan perkembangan itu sendiri.

Namun hal itu bukanlah penghalang untuk mengetahui kinerja bauran produk pada keputusan pembelian bahkan hal yang terjadi adalah sebaliknya perusahaan dituntut untuk mengetahui tanggapan konsumen atas kinerja bauran produk pada produk yang dihasilkannya.

Hal ini sangatlah penting untuk mengetahui apakah konsumen puas dengan kinerja bauran produk yang ada pada handphone NOKIA. Respon konsumen terhadap  kemasan, merek, kualitas, desain, ukuran, garansi, retur, fitur, layanan, variasi serta bauran produk lainnya yang terdapat pada handphone sangatlah penting untuk diketahui oleh perusahaan. Kemudian perusahaan dapat mengetahui dari beragam jenis bauran produk yang ada, jenis bauran produk manakah yang menjadi preferensi utama para konsumen dalam menentukan pilihan dan alternatif produk yang ada. Informasi yang didapat dari mengetahui preferensi dan kesan dari konsumen tersebut sangatlah penting bagi perusahaan. untuk digunakan sebagai bahan untuk meningkatkan dan memperbaiki keunggulan kompetetif pada produk yang dihasilkannya. 

Jika konsumen merasakan bahwa dengan dilakukannya bauran produk dapat memenuhi kebutuhan dan selera mereka, maka diharapkan dapat menimbulkan respon yang baik dari konsumen kepada produsen handphone/NOKIA serta dapat mempengaruhi konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian handphone serta terciptanya suatu hubungan yang baik antara konsumen dengan produsen handphone dalam peta persaingan dan pasar handphone.

0 comments:

Post a Comment

 

X-tra Indonesia Blogger Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger