Mineral, Kalium, Natrium

Wednesday 17 April 2013
Mineral

Mineral adalah zat organik yang diperlukan tubuh walau dalam jumlah yang tidak banyak. Zat organik ini terdapat pada makhluk hidup yang diperlukan dalam proses metabolisme manusia. Mineral ini harus selalu terdapat pada makanan yang dikonsumsi, hal ini sangat perlu untuk menjaga kesehatan tubuh, sesuai dengan fungsinya sebagai zat pengatur. Mineral yang kita butuhkan terdiri atas kalium, natrium, kalsium, zat besi, zat kapur, yodium, fosforus, dan klorida (Anonim, 2011b).

Berdasarkan kebutuhan didalam tubuh mineral dapat digolongkan menjadi dua kelompok utama yaitu mineral makro dan mineral mikro. Mineral makro adalah mineral yang dibutuhkan dengan jumlah lebih dari 1000 mg/hari, sedangkan mineral mikro mineral yang dibutuhkan kurang dari 100 mg/hari (Kartasapoetra, 2008).

Kalium

Kalium adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang K dan nomor atom 19; berat atom 39,102; titik lebur 36.38 oC; dan titik didih 759 oC. Kalium berbentuk logam lunak berwarna putih keperakan dan termasuk golongan alkali tanah. Kalium teroksidasi dengan sangat cepat dengan udara, sangat reaktif terutama dalam air , dan secara kimiawi memiliki sifat yang mirip dengan natrium (Vogel, 1985).

Unsur Kalium di dalam tubuh merupakan unsur anorganik yang penting bagi sistem saraf dan kontraksi otot.  Kalium juga dimanfaatkan oleh sistem saraf otonom (SSO) yang merupakan pengendali detak jantung, fungsi otak, dan proses fisiologi penting lainnya. Kalium ditemukan hampir diseluruh tubuh dalam bentuk elektrolit dan banyak terdapat pada saluran pencernaan. Sebagian besar Kalium terdapat dalam sel dan sebagian lagi di luar sel. Di dalam tubuh Kalium bekerja sama dengan Natrium dalam mengatur keseimbangan muatan elektrolit cairan tubuh dengan cara menyesuaikan jumlah asupan Kalium dari makanan dan jumlah Kalium yang dibuang.
Kerja kalium adalah mempertahankan stabilitas membran sel agar sel dapat berfungsi, seperti syaraf menyalurkan sinyal, otot berkontraksi dan jantung berdenyut. Kekurangan kalium mengakibatkan gangguan fungsi ini sehingga kerjanya melemah, demikian juga pada keadaan kelebihan, jantung mengalami hambatan untuk memompa darah keseluruh tubuh. Pada orang sehat, ginjal merupakan organ yang membuang kalium yang berlebihan. Kalium adalah mineral yang terdapat dalam sayur dan buah-buahan (Kartasapoetra, 2008).

Natrium

Natrium adalah unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki simbol Na dan nomor atom 11. Natrium adalah logam reaktif yang lunak keperakan dan seperti lilin, yang termasuk ke logam alkali yang banyak terdapat dalam senyawa alam. Dia sangat reaktif, apinya berwarna kuning, beroksidasi dalam udara dan bereaksi kuat dengan air sehingga harus disimpan di dalam minyak. Karena sangat reaktif, Natrium hampir tidak pernah ditemukan dalam bentuk unsur murni. Natrium merupakan logam putih perak yang lunak, yang melebur pada 97,5ºC. Natrium teroksidasi dengan cepat dalam udara lembab.

Seperti logam alkali lainnya Natrium adalah unsur reaktif yang lunak, ringan, dan putih keperakan yang tak pernah berwujud sebagai unsur murni di alam. Natrium mengapung di air terurai menjadi gas hidrogen dan ion hidroksida. Natrium akan meledak di dalam air secara spontan. Namun biasanya tidak meledak di udara bersuhu di bawah 388 K. Natrium juga bila dalam keadaan berikatan dengan ion –OH maka akan membentuk basa kuat yaitu NaOH.

Sumber Natrium adalah makanan seperti ikan asin, daging, udang, keju, seledri, telur juga mengandung natrium dalam jumlah besar. Fungsi natrium antara lain adalah berperan dalam menghasilkan tekanan osmotik yang mengatur pertukaran cair an antara sel dan cair an disekitarnya, untuk mempertahankan keseimbangan tubuh. Di dalam tubuh manusia, ion Natrium bekerjasama dengan ion Kalium dalam mengatur keseimbangan muatan elektrolit cairan tubuh. (Budianto, 2009).

Manfaat Air Kelapa

Manfaat Air Kelapa

Air kelapa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia, berikut beberapa manfaat dari air kelapa :

-        Air kelapa muda dapat mengobati demam berdarah apabila diminum secara teratur, dengan menambhakan perasan jeruk nipis.
-        Air kelapa dengan penambahan sedikit sari jeruk dapat mengobati cacingan pada anak-anak.
-        Air kelapa muda juga dapat mengatasi susah atau keseringan buang air kecil karena air kelapa muda mampu membersihkan saluran kemih dan menjaga fungsi pencernaan dalam tubuh,
-        Air kelapa dengan penambahan minyak zaitun dapat membasmi cacing pada usus dengan mengkonsumsi secara teratur minimal tiga kali sehari.
-        Air kelapa muda juga sangat baik dikonsumsi bagi orang yang sedang hamil karena mereka sangat membutuhkan banyak cairan, juga dapat mengatasi mual-mual dan muntah.
-        Air kelapa muda mengandung anti bakteri, anti virus dan anti jamur yang sama khasiatnya dengan air susu ibu.
-        Air kelapa dipercaya mampu memecah batu ginjal, karena air kelapa akan melunakkan kerak atau lendir yang terbentuk dalam ginjal.
-        Air kelapa muda merupakan cairan isotonik. Bahkan sudah banyak minuman yang berbahan utama air kelapa muda yang bagus untuk kebugaran tubuh sehingga dapat menghilangkan rasa kelelahan dan lesu (Anonim, 2012).

Air Kelapa

Air Kelapa

Air kelapa merupakan salah satu produk dari tanaman kelapa yang belum banyak dimanfaatkan. Air kelapa muda merupakan minuman yang sangat popular dan air kelapa dari buah yang tua juga telah dikembangkan sebagai produk industri namun pemasarannya masih terbatas.

Air kelapa jumlahnya berkisar antara 25 persen dari komponen buah kelapa. Secara umum, air kelapa mengandung 4,7 persen total padatan, 2,6 persen gula, 0,55 persen protein, 0,74 persen lemak, serta 0,46 persen mineral. Kandungan gula terbanyak sewaktu masih muda, sehingga airnya terasa manis dan makin tua kelapa tersebut rasa manis airnya tersebut makin berkurang. Jumlah air kelapa makin berkurang sesuai dengan pertambahan umur buahnya, yaitu 18 gram setiap buah sebelum buah berdaging, 30 gram setiap buah muda dan 8-10 gram setiap buah yang sudah tua. Demikian pula warna airnya, makin tua airnya akan makin keruh (Suhardiman, 1999).

Hasil analisis menunjukkan bahwa air kelapa tua terdiri atas air sebanyak 91,23%, protein 0,29 %, lemak 0,15 %, karbohidrat 7,27 % dan abu 1,06 %. Air kelapa juga mengandung vitamin C dan vitamin B kompleks. Sedangkan dalam air kelapa muda kandungannya adalah air sebanyak 95,5 %, protein 0,1 %, lemak kurang dari 0,1 %, karbohidrat 4 %, dan abu 0,4 %. (Arsa, 2011)
Air kelapa mengandung karbohidrat, protein, lemak dan beberapa mineral. Kandungan zat gizi ini tergantung kepada umur buah. Disamping zat gizi tersebut, air kelapa juga mengandung berbagai asam amino bebas. Setiap butir kelapa dalam dan hibrida mengandung air kelapa masing-masing sebanyak 300 dan 230 ml dengan berat jenis rata-rata 1,02 kg dan pH agak asam (Anonim, 2013c). Mineral terbanyak dalam air kelapa adalah kalium dengan kandungan 730 mg per 100 gram air kelapa muda, yang cukup banyak magnesium, dan klorida, sedangkan natrium jumlahnya sangat sedikit. Komposisi minuman dengan rasio kalium (potasium) terhadap natrium yang tinggi sangat menguntungkan bagi kesehatan. Selanjutnya dikemukakan oleh Oslon bahwa mengkonsumsi kalium yang tinggi dapat menurunkan hipertensi. Dengan cara menyeimbangi kadar natrium sehingga tekanan darah kita terjaga (Anonim, 2011c).

Perubahan komposisi air kelapa ini selama proses pematangan buah dapat dibagi ke dalam tiga tahapan. Untuk tahapan pertama meliputi terjadinya akumulasi gula pereduksi, yaitu fruktosa, glukosa, dan asam amino, sedangkan daging buah belum terbentuk. Pada tahapan kedua ditandai dengan mulai terbentuknya daging buah, kadar air kelapa menurun, tetapi berat total dari kelapa meningkat, diikuti dengan mulai terbentuknya sukrosa dan gravitasi spesifikasi meningkat. Pada tahap berikutnya terjadi peningkatan kandungan pada daging buah kelapa dan gravitasi spesifikasinya menurun (Sison, 1977). Secara umum, untuk air kelapa baik air kelapa muda maupun air kelapa tua memiliki komposisi gizi seperti yang dapat dilihat pada Tabel 2.1.

Tabel 2.1 Komposisi Gizi Pada Air Kelapa

Komponen
Kelapa Muda (%)
Kelapa Tua (%)
Air
95.01
91.23
Lemak
0.120
0.150
Abu/Mineral
0.630
1.060
Protein
0.130
0.290
Karbohidrat
4.110
7.270
Sumber : Tenda (1992)

Kandungan mineral dalam air kelapa cukup tinggi terutama pada ion kalium, dan ion natrium. Kandungan beberapa mineral pada air kelapa disajikan seperti pada Tabel 2.2 berikut.
Tabel 2.2  Kandungan Mineral Pada Air Kelapa
Mineral
Kandungan (ppm)
Kalium (K)
312
Natrium (Na)
105
Kalsium (Ca)
29
Magnesium (Mg)
30
Besi (Fe)
0.01
Tembaga (Cu)
0.14
Fosfor (P)
37
Sulfur (S)
24
Klorida (Cl)
184
Sumber : Ketaren (1978) diacu dalam Tenda (1992)

Sistem Operasi Symbian

Monday 1 April 2013
Sistem Operasi Symbian yang didirikan sejak tahun 1998 dulunya digunakan oleh Nokia dan hingga saat ini telah digunakan oleh banyak Vendor Smartphone, Symbian telah mengalami perkembangan yang drastis dan hingga sekarang tetap menjadi nomor satu untuk OS kategori Smartphone. Versi OS Symbian ada banyak dari versi 6 hingga 9 tapi OS Symbian telah membuat sebuah kategori untuk pengelompokan OS menurut bentuk dan fungsinya daripada menurut versinya, hal ini dilakukan agar pengguna dan para developer tidak terlalu pusing dengan versi yang cukup bervariasi ini tapi cukup dengan mengerti tipe nya saja, contohnya adalah kelompok S60 (Series 60), S80, S90, dan Symbian UIQ. Symbian tidak menyebut produk elektronik yang menggunakan OS nya sebagai PDA atau PDA phone tapi selalu menggunakan sebutan sebuah nama ”Smartphone”.
Sistem operasi symbian bukanlah software yang open source secara penuh karena masih ada ketersediaan API. Sistem operasi symbian dikembangkan oleh Symbian Ltd yang dirancang untuk digunakan di peralatan bergerak (mobile). Sejak awal didirikan, Symbian telah memimpin dalam perangkat system operasi pada handphone seperti smartphones dan communicator. Banyak aplikasi yang dapat di gunakan pada system operasi ini. Aplikasi yang di buat dapat menggunakan bahasa C++, java atau VC++. Sistem operasi pada symbian pun dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman C++. Symbian juga memberikan kemampuan untuk berinternet dengan PPP, FTP, TCP/IP dan dapat juga mentransfer data atau file dengan menggunakan Bluetooth dan Inframerah. Pembangunan aplikasi pada sistem operasi Symbian menggunakan perangkat lunak “series 60 SDK for symbian C++” yang disediakan oleh nokia. Perangkat lunak ini terdiri dari compiler, emulator, dan dokumentasi bahasa Symbian C++.
Sistem Operasi Symbian
Secara umum arsitektur Symbian OS terbagi menjadi 4 lapisan berdasarkan penggunaan API, yaitu:
· Lapisan pendukung aplikasi (Application Utility Layer)
· Lapisan layanan dan framework antar muka grafis (GUI framework)
· Lapisan komunikasi
· Lapisan sistem API dasar

Untuk memasimumkan interoperabilitas kategoridalam klasifikasi API yang tersedia, yaitu :
· API Symbian Umum
· API Symbian Umum tergantikan
· API Symbian Opsional

Sistem operasi pada symbian mampu melakukan multitasking yaitu, dapat membuka lebih dari 1 aplikasi sekaligus. Symbian OS v9.2 melakukan pembaharuan pada aplikasi bluetoothnya. Sedangkan symbian OS v9.3 melakukan penambahan aplikasi yaitu, wi-fi. Dan akhirnya Symbian mengeluarkan versi terbarunya yaitu, s60v5. Type handphone yang menggunakan versi terbaru ini adalah nokia 5800xm, n97 dan nokia 5530. Aplikasi yang di install pada symbian biasanya berformat .sis atau .sisx. sedangkan untuk java biasanya berformat .jar. Seringkali banyak aplikasi yang sedang di install tidak bisa atau bertuliskan “certificate error” atau “expired certificate”. Ini di karenakan Handphone masih bersertifikat. Namun, seiring dengan kecanggihan teknologi, akhirnya symbian dapat di hack. Bahkan symbian s60v5 adalah versi terbaru nokia dapat di hack juga.

Symbian dipandang lebih unggul karena:
1. Sistem operasi ini sejak awal dirancang khusus untuk ponsel. Berbeda dengan Microsoft dan Linux yang diadopsi dari komputer.

2. Berkat fitur CC+, Java (J2ME) MIDP 2.0, PersonalJava 1.1.1a, dan WAP, Sistem operasi symbian ini sangat terbuka sehingga siapapun bisa mengembangkannya. terbukti banyak beredar aplikasi-aplikasi tambahan untuk OS berbasis Symbian atau platform Java.

Symbian menyediakan suatu user interface (UI) framework yang fleksibel, sehingga supaya para vendor bisa menvariasikan produk-produknya. Symbian telah mengeluarkan Operating System untuk smartphone terbaru nya yaitu versi 9.3, Symbian menyatakan bahwa versi 9.3 ini akan lebih mempercepat, mempermurah para vendor handphone dan para operator untuk mendapatkan servis dan fasilitas terbaik seperti mendukung WiFi, Firmware update secara online (FOTA), dukungan HSDPA, VoIP melalui IPSec, dukungan secara native untuk Push To Talk, dukungan Java JSR 248, Platform sekuriti yang lebih stabil dan lebih baik untuk memproteksi dari virus dan spam, dukungan untuk fasilitas graphic 3D yang lebih baik (vector floating point).

Sistem Operasi iPhone

Meski baru hadir di Indonesia, sistem operasi milik iPhone ini tercatat sebagai OS dengan angka penjualan yang tinggi di dunia, di bawah Symbian. Sistem operasi yang telah mencapai versi 3.0 ini merupakan turunan dari Mac OS X dengan berkonsentrasi pada kenyamanan UI sentuh. 
 
Menariknya setiap perkembangan versi OS biasanya diikuti oleh peluncuran produk baru yang memuat OS anyar. Sampai saat ini iPhone 3G yang beredar di Indonesia masih didukung OS versi 2.0. Versi 2.0 hingga 2.2 memiliki sejumlah kelemahan diantaranya tidak adanya profil Bluetooth untuk A2DP dan berkirim file, serta tidak adanya MMS. 
 
Kabarnya isu-isu negatif ini akan diperbaiki di OS teranyarnya versi 3.0. Sayangnya meski terbuka untuk developer pihak ketiga sistem operasi iPhone akan tersandung oleh mekanisme download Dan instal yang sangat dibatasi. 
Sistem Operasi iPhone
 
Seperti yang telah sama-sama kita ketahui, aplikasi dan game tambahan iPhone hanya bisa didownload via situs yang telah didedikasikan (application store) dan diinstal langsung di ponsel atau tersinkronisasi dengan iTunes komputer.

Sistem Operasi Java

Sistem Operasi Java
Sistem Operasi Java biasanya diterapkan pada jenis yang telah polyponik namun kelas monoponik pun juga telah tersedia.biasanya terdapat pada handphone tipe lama,namun tipe baru sekalipun saat ini baisanya juga telah mendukung untuk fitur ini.harga untuk ponsel jenis ini lebih terjangkau dari pada handphone dengan 2 jenis OS Symbian dan Windows Mobile.
 
Sedangkan Handphone dengan sistem operasi tertutup adalah Handphone dengan operating system JAVA. Handphone ini cuma mensupport aplikasi dan games dalam format Jar.

Contoh Handphone dengan system java adalah Nokia 5200, 5300, 5610, 5310, 6300, serta kebanyakan dari Handphone SE,Motorolla,dan Samsung.
Sistem Operasi Java
Kelemahan : Tidak bisa bebas dimasukkan segala macam aplikasi.

Keunggulan : Tidak bisa terserang virus handphone. Tidak gampang Hang seperti layaknya Handphone dengan OS Symbian.

Sistem Operasi Windows Mobile

Windows Mobile adalah sistem operasi yang kompak dikombinasikan dengan sederetan aplikasi dasar untuk ponsel berdasarkan Microsoft Win32 API. Perangkat yang menjalankan Windows Mobile termasuk Pocket PC, Smartphone, Portable Media Center, dan on-board komputer untuk beberapa mobile. Windows Mobile untuk Pocket PC ini membawa fitur-fitur standar dalam sebagian besar dari versi:

1. Today Screen menunjukkan tanggal saat ini, pemilik informasi, janji mendatang, e-mail, dan tugas.

2. Taskbar yang menunjukkan waktu saat ini dan volume.

3. Office Mobile suite yang Mobile versi aplikasi Microsoft Office

4. Outlook Mobile datang dengan Windows Mobile.

5. Internet Explorer Mobile browser internet yang dikembangkan oleh Microsoft untuk Pocket PC dan Handheld PC yang dimuat secara default dengan Windows Mobile dan Windows CE untuk Handheld PC.

6. Windows Media Player untuk Windows Mobile.

7. Klien PPTP VPNs.

8. Internet Connection Sharing (ICS) yang memungkinkan ponsel terpasang komputer untuk berbagi koneksi internet melalui USB dan Bluetooth.

Sistem operasi Windows Mobile dimulai dari :
  • Pocket PC 2000
  • Pocket PC 2002
  • Windows Mobile 2003. Memiliki 4 edisi, yaitu : Windows Mobile 2003 for Pocket PC Premium Edition, Windows Mobile 2003 for Pocket PC Professional Edition, Windows Mobile 2003 for Smartphone, dan Windows Mobile 2003 for Pocket PC Phone Edition
  • Windows Mobile 2003 Second Edition (Windows Mobile 2003 SE)
  • Windows Mobile 5
  • Windows Mobile 6, memiliki 3 versi, yaitu : Windows Mobile 6 Standard for Smartphone (phone without touchscreen), Windows Mobile 6 Professional for Pocket PC with phone functionality, dan Windows Mobile 6 Classic for Pocket PCs without cellular radio. Contoh: Eten Glofiish X650 menggunakan Windows Mobile 6.0 Profesional
Sistem Operasi Windows Mobile
Keunggulan yang ditawarkan windows mobile :

1. Sebagian besar teknologi IT (information technology) yang dipakai berbasis Windows, kecocokan dalam hal platform serta ekstensi yang mudah dengan software komputer dipandang bahwa Microsoft dianggap lebih ideal dibandingkan Symbian atau Linux.

2. Windows Mobile menawarkan berbagai fitur unggulan seperti Mobile Blog, GPS, menonton televisi, serta Mobile Database.

Kelemahannyan adalah Windows Mobile bersifat tertutup sehingga sulit bagi software developer independen untuk menciptakan aplikasi-aplikasi baru.

Sistem Operasi Mobile Linux

Ponsel Linux pertama diluncurkan oleh Motorola pada bulan Februari 2003. Motorola seri A760 yang dirilis pertama kali di Cina ini menggunakan OS kombinasi dari kernel Linux yang didistribusikan oleh software Silicon Valley-based Monta Vista dan software lainnya dari bahasa pemrograman Java Sun Microsystems. Sistem operasi berbasis Linux yang dikembangkan oleh Google adalah Android. 
 
Platform software berbasis Linux diantaranya adalah MOTOMAGX dan Qtopia. MOTOMAGX merupakan platform Linux mobile dari Motorola. Produk pertama yang didasarkan pada platform ini adalah ponsel MOTOROKR Z6 dan MOTORAZR2 V8. Qtopia Phone Edition merupakan platform software dan antarmuka untuk Linux, yang dikembangkan oleh perusahaan Trolltech. Qtopia Greenphone, merupakan perangkat pengembangan Linux mobile yang ditujukan untuk berbagai aplikasi baru.

Kelemahannya adalah aplikasi tambahan yang belum banyak beredar, serta Linux dibangun untuk mengoprasikan sistem dengan tenaga besar, sehingga manajemen sumber daya baterai masih kalah efektif dibandingkan OS lainnya.
Sistem Operasi Mobile Linux
Kelebihannya adalah Linux sebagai OS yang ideal bagi ponsel karena dukungan oleh perusahaan-perusahaan besar seperti IBM, Oracle, dan Intel. Selain itu, sistem ini nilai lebih fleksibel dan menawarkan memori yang lebih kecil serta bisa lebih dihemat.

Sistem operasi Blackberry

Sistem operasi Blackberry
Perusahaan telekomunikasi asal Canada, Reserch in Motion (RIM), mengembangkan perangkat komunikasi bergerak. Awalnya produk mereka adalah memproduksi dan layanan penyeranta (Pager) dua arah, namun dalam perkembangannya perusahaan ini membuat terobosan baru dengan menciptakan perangkat Blackberry yang terkenal dengan layanan push-email, dan sekarang blackberry berubah menjadi smartphone yang memiliki berbagai fungsi seperti, GPS, internet mobile, serta dapat mengakses Wi-FI.

Sistem operasi Blackberry

RIM sebagai developer untuk sistem operasi blackberry telah mengeluarkan sistem operasi baru dengan salah satu aplikasi yang tertanam didalamnya adalah Document to Go versi trial buatan DataViz, suatu aplikasi yang memiliki fungsi office seperti Word to Go, Presenter to Go yang otomatis memiliki Sheet to Go sebagai aplikasi Spreadsheet.

Sistem operasi Palm

System operasi Palm
OS Palm yang dimulai pada tahun 1996 sebenarnya sistem operasi ini bisa saja disebut sebagai perintis OS pada sebuah handset untuk PDA, PDA phone dan Smartphone, hal ini dikarenakan pesatnya perkembangan produk yang menggunakan Palm dan juga banyaknya jumlah pihak ketiga yang membuat program untuk Palm, hingga sekarang telah ada ribuan program untuk perangkat elektronik yang berbasis Palm, tapi karena perusahaan yang mengembangkan Palm telah dihentikan maka kemungkinan perkembangan program Palm tidak akan ada lagi dan development yang ada sekarang mungkin hanya berupa support untuk produk produk lama Palm. 
 
Sistem operasi Palm
Contoh produk yang menanamkan sistem operasi Palm adalah Palm Treo 680 Smartphone ini menggunakan system operasi Palm, yaitu Palm OS 5.4.9 dengan prosesor Intel PXA270, 312MHz. Beberapa fitur yang ditawarkan adalah Pocket Express, Microsoft Media Player, Palm files, PDF viewer, Adobe Acrobat reader, eReader, Pocket Tunes, dan Document To Go.

Sistem Operasi Android

Android adalah sistem operasi mobile yang berjalan pada kernel Linux, yang dirilis pada 21 Oktober 2008. Awalnya, sistem operasi ini dikembangkan oleh Android, Inc, yang kemudian dibeli oleh Google, dan yang terakhir, sistem operasi ini dibeli oleh Open Handset Alliance, sebuah consortium dari 47 perusahaan hardware, software, dan telecom yang didirikan untuk membuat open standard bagi perangkat lunak mobile. 
 
Sistem operasi ini bersifat free dan open source. Perangkat mobile yang mendukung sistem operasi ini di antaranya adalah HTC Dream dan HTC Magic, ponsel keluaran vendor asal Taiwan, HTC.Awalnya, Google membeli Android, pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. 
 
Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasukGoogle, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia. 
 
Google sendiri ternyata mempunyai alasan cukup kuat untuk melirik pangsa ini, karena perkembangan teknologi telepon seluler sewasa ini sudah bukan merupakan evolusi lagi, melainkan sebuah revolusi. Babak baru dalam dunia telekomunikasi nirkabel ini terus bergulir dengan cepat. 
 
Jika sekarang seseorang mempunyai PC di rumah, dan notebook untuk ke kantor atau kuliah, serta berkomunikasi melalui telepon seluler. Maka pergerakkan yang kemudian terjadi sekarang adalah, orang mulai berpikir bagaimana menyatukan semuanya dalam satu genggaman.

Sebenarnya hal tersebut telah mulai dipenuhi dengan munculnya PDA/smartphone, di mana seseorang dapat merangkum semua kebutuhan komputasinya dalam satu genggaman. Dan perkembangan inilah yang membuat Google berambisi untuk menguasai pangsa ini. Saat ini disediakan Android SDK (software Development kit) sebagai alat bantu dan API diperlukan untuk mulai mengembangkan aplikasi pada platform Android menggunakan bahasa pemrograman Java.

Fitur-fitur Android :
  1. Framework Aplikasi yang mendukung penggantian komponen dan reusable.
  2. Mesin virtual Dalvik dioptimalkan untuk perangkat mobile.
  3. Integrated browser berdasarkan engine open source WebKit.
  4. Grafis yang dioptimalkan dan didukung oleh perpustakaan grafis 2D, grafis 3D berdasarkan spesifikasi opengl ES 1,0 (Opsional akselerasi hardware).
  5. SQLite untuk penyimpanan data.
  6. Media Support yang mendukung audio, video, dan gambar (MPEG4, H.264, MP3, AAC,AMR, JPG, PNG, GIF).
  7. GSM Telephony (tergantung hardware).
  8. Bluetooth, EDGE, 3G, dan WiFi (tergantung hardware).
  9. Kamera, GPS, kompas, dan accelerometer (hardware tergantung).

Sistem Operasi pada Ponsel (Mobile Operation System)

Seperti halnya system operasi pada komputer, Sistem operasi ponsel adalah software utama yang melakukan menejemen dan kontrol terhadap hardware secara langsung serta menejemen dan mengotrol software-software lain sehingga software-software lain tersebut dapat bekerja. 
Sehingga suatu system operasi ponsel (mobile operating system) akan bertanggung jawab dalam mengoperasikan berbagai fungsi dan fitur yang tersedia dalam perangkat ponsel tersebut seperti, skedulling task, keyboard, WAP, email, text message, sinkronisasi dengan aplikasi dan perangkat lain, memutar musik, camera, dan mengontrol fitur-fitur lainnya.

Banyak perusahaan ponsel yang membenamkan system operasi dalam produknya baik pada PDA, Smartphone maupun handphone. Perkembangan aplikasi atau game selular sangat cepat sehingga menyebabkan perusahaan pembuat mobile Operating System (OS) telah berlomba untuk memasarkan produk-produk mereka dengan menciptakan fungsi-fungsi dan teknologi yang kian hari kian memanjakan pengguna smartphone (selular yang ber-OS) dari segi entertainment dan fungsionalitas penggunaan selular untuk memudahkan tugas sehari-hari. 
Selain berfungsi untuk mengkontrol sumber daya hardware dan software ponsel seperti keypad, layar, phonebook, baterai, dan koneksi ke jaringan, sistem operasi juga mengontrol agar semua aplikasi bisa berjalan stabil dan konsisten. Sistem operasi harus dirancang fleksibel sehingga para software developer lebih mudah menciptakan aplikasi-aplikasi baru yang canggih. Keunggulan lain dari ponsel yang ber-OS adalah memiliki kebebeasan lebih untuk men-download berbagai aplikasi tambahan yang tidak disediakan oleh vendor ponsel. 

Contoh Kerangka Pemikiran dan Hipotesis

Kerangka Pemikiran
Disaat tekhnologi berkembang dengan sangat cepat, pembelian yang cepat juga terjadi pada selera ataupun kebutuhan pasar.

Fenomena yang terjadi di Indonesia khususnya di Bandung adalah semakin banyaknya produk handphone dengan berbagai jenis merek, akibatnya semakin banyak pula konsumen yang menggunakan handphone. Pada keadaan yang seperti itu, konsumen harus lebih pintar dalam memilih produk handphone termasuk kualitas, merek dan atribut lainnya yang menjadi pertimbangan bagi konsumen untuk memilih mana yang cocok sesuai dengan selera dan kebutuhannya.

Perusahaan dituntut untuk melakukan berbagai upaya secara cepat dan tepat dalam mengatasi dan memanfaatkan fenomena yang ada.

Selain terus melakukan inovasi,  peningkatan kualitas secara menyeluruh, perusahaan juga berusaha mengelola dan mengkoordinasikan unsur-unsur marketing mix  (product, price,place, promotion) secara optimal untuk dapat mencapai tujuan perusahaan.

Diantara kebijakan perusahaan yang berkaitan dengan masalah marketing mix adalah bauran produk. Pengertian luas dari produk menurut djaslim Saladin (2003:71), adalah sekelompok sifat-sifat yang berwujud dan tidak berwujud didalamnya sudah tercakup warna, harga, kemasan, dan pelayanan yang diberikan produsen dan pengecer yang dapat diterima oleh konsumen sebagai kepuasan yang ditawarkan terhadap keinginan atau kebutuhan-kebutuhan konsumen. Sedangkan bauran produk Menurut Djaslim Saladin (2003:76), “Bauran produk adalah kumpulan seluruh line produk dan jenis produk yang ditawarkan oleh penjual”.

Kegiatan ini merupakan suatu hal yang sangat penting dan mutlak untuk dilakukan dalam  perusahaan  yang memproduksi barang ataupun perusahaan yang bergerak dibidang jasa. Dengan kegiatan tersebut, perusahaan dapat mengantisipasi perubahan-perubahan pada lingkungan yang bergerak secara cepat serta mampu meningkatkan daya saing perusahaan.
Menurut Djaslim Saladin,(2003:73) bauran produk perusahaan terdiri dari :
1.      Kualitas Produk
Kualitas merupakan persepsi yang diterima oleh konsumen mengenai keseluruhan produk atau keunggulan handphone yang dihubungkan dengan maksud penggunaannya.
2.      Variasi Produk
Variasi produk adalah jenis atau macam dari handphone beserta dengan atribut-atributnya yang terdapat pada handphone tersebut.
3.      Desain      
Desain adalah merupakan kemamampuan bentuk produk sesuai dengan fungsinya atau bentuk tampilan pada handphone.
4.      Fitur / ciri khas
Fitur merupakan pembedaan ponsel dari produsen yang satu dengan produk pesaing. Pada handphone, fitur ini dapat berupa tampilan layar, ragam dering, kemampuan mengakses internet, men-download lagu, memutar Mp3, radio, kamera, dan lain-lain.
5.      Merek
Merek adalah nama dari ptodusen handphone tersebut yang tertera di produk buatannya. Dengan adanya merek, baik konsumen ataupun produsen sama-sama diuntungkan. Bagi konsumen keuntungannya antara lain adalah kemudahan dalam memilih alternatif produk yang ada sedangkan bagi produsen keuntungan yang didapat menciptakan loyalitas terhadap produk yang dihasilkannya.
6.      Kemasan
Kemasan merupakan wadah atau pembungkus dari handphone pengaruh kemasan dalam keputusan dapat diketahui antara lain dengan mengetahui bagaimana bentuk kemasannya, seberapa menariknya kemasan tersebut, dapat menjamin keamanan dari handphone tersebut.
7.      Ukuran
Ukuran dalam hal ini adalah bagaimana ukuran dari handphone tersebut dapat memudahkan serta membantu pengguna handphone dalam berkomunikasi.
8.      Layanan
Layanan merupakan jasa yang diberikan oleh produsen handphone tersebut dalam membantu serta menginformasikan produk tersebut kepada konsumen.
9.      Garansi
Garansi merupakan jaminan yang diberikan oleh produsen kepada konsumen apabila terdapat gangguan atau masalah pada produk buatannya dalam jangka waktu tertentu.  
10.  Retur
Berbeda dengan garansi, retur adalah kebijakan yang diambil oleh perusahaan untuk menganti handphone yang bermasalah dengan handphone sejenis yang lebih baru, sedangkan pada garansi biasanya perusahaan hanya mengganti piranti yang rusak pada handphone. Sedangkan bentuk kesamaan antara garansi dengan retur adalah sama-sama mempunyai jangka waktu tertentu serta tidak dikenakan biaya atas penggantian tersebut.

Salah satu tujuan dari pelaksanaan bauran produk oleh produsen handphone/NOKIA adalah untuk mempengaruhi konsumen dalam menentukan pilihannya untuk menggunakan produk buatannya sehingga memudahkan konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian. Pemahaman perilaku konsumen tentang kinerja bauran produk dapat dijadikan dasar terhadap keputusan pembelian konsumen (Sutisna, 2003:16).

Proses yang dilakukan oleh konsumen dalam melakukan pembelian terdapat lima tahap. Tahap-tahap itu adalah :
1.      Pengenalan  masalah                      
2.      Pencarian informasi                      
3.      Evaluasi alternatif
4.      Keputusan Pembelian 
5.      Perilaku pasca pembelian

Pada fase awal, konsumen mendapati masalah dalam berkomunikasi dimana saat ini komunikasi mengalami perubahan dan kebutuhan akan informasi menjadi begitu sangat pentingnya dalam menunjang aktivitas sehari-hari, baik itu dari segi kecepatan maupun ketepatan. Melihat kebutuhan akan perubahan dalam berkomunikasi, handphone sebagai salah satu piranti telekomunikasi, menurut konsumen merupakan jawaban atas masalah kebutuhan dan kemampuan konsumen yang berbeda-beda maka pada fase kedua, dimulailah pencarian informasi dilakukan oleh konsumen sebagai upaya untuk menemukan handphone yang sesuai dengan kebutuhan, selera dan kemampuannya.

Sumber informasi ini bisa didapat dari sumber personal antara lain adalah keluarga, teman dan kerabat. Sumber informasi komersil antara lain adalah counter, iklan, sales, display, sedangkan sumber lain berupa percobaan langsung pada produk tersebut setelah pengumpulan informasi dianggap telah cukup maka konsumen tersebut memasuki fase ke empat yakni menentukan pilihan dan melakukan pembelian terhadap handphone yang dianggap sesuai dengan kebutuhan, selera dan kemampuan terbaik. Setelah melakukan pembelian dan menggunakan handphone tersebut maka fase ke lima adalah  konsumen akan menemukan kepuasan terhadap produk tersebut.

Jika handphone tersebut bekerja sesuai dengan fungsi yang ada atau bahkan melebihi informasi yang didapat dari sebelumnya, maka konsumen akan merasakan kepuasaan, namun jika hal yang terjadi sebaliknya, maka konsumen itu akan merasa ketidakpuasan dimana hal ini merupakan kerugian yang besar bagi perusahaan, dikarenakan hilangnya kepercayaan konsumen pada porodusen ponsel.

Dari uraian diatas jelaslah kiranya bahwa perusahaan diharuskan mengetahui informasi tentang pengaruh kinerja bauran produknya pada konsumen dibutuhkan pengamatan dan analisis yang cermat dari pihak perusahaan dalam menentukan strategi yang tepat pada produknya, berdasarkan informasi yang didapat sekali lagi konsumen tetap memegang peranan yang penting dalam memperhatikan, menilai, merasakan serta menentukan apakah bauran produk yang ada sesuai dengan kebutuhan mereka.

Pihak konsumen sangat mengharapkan dampak positif dari kinerja bauran produk yang telah dilaksanakan oleh produsen handphone/NOKIA. Mengingat dengan adanya respon positif dari konsumen terhadap kinerja bauran produk, maka tujuan dari produsen handphone/NOKIA dapat tercapai. Tujuan itu antara lain mempertahankan serta meningkatkan relationship serta kepercayaan dengan konsumen.
Hipotesis
Hipotesis merupakan jawaban sementara terhadap rumusan masalah penelitian. Oleh karena itu rumusan masalah penelitian biasanya disusun dalam bentuk kalimat pertanyaan (DR. Sugiyono, 2003:39)

Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa dengan kinerja bauran produk pada produk handphone merek NOKIA dapat mempengaruhi sikap konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian.

Penulisan Kegunaan Penelitian

Kegunaan Penelitian
1.      Kegunaan Operasional
Adapun kegunaan penelitian ini dapat bermanfaat bagi :
a.      Perusahaan
Hasil dari pelaksanaan penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai pedoman dan saran pengembangan kegiatan perusahaan/NOKIA menyangkut kinerja bauran produk pada handphone serta kaitannya dengan pengambilan keputusan konsumen. Sehingga dapat memberi masukan nyata dari hasil penelitian mengenai upaya meningkatkan jumlah konsumen NOKIA yang telah ditetapkan dan dijalankan NOKIA dalam meningkatkan keputusan pembelian konsumen.

b.  Pihak Terkait
Melihat betapa pentingnya peranan dari hasil penelitian ini, diharapkan dapat menjadi masukan bagi pihak-pihak terkait lainnya yang berhubungan dengan pelaksanaan kinerja bauran produk perusahaan sehingga semua pihak tersebut dapat membantu memperlancar dan meningkatkan eksistensi keputusan pembelian dimasa yang akan datang. Selain itu hasil dari penelitian ini juga diharapkan dapat menjadi gambaran bagi perusahaan-perusahaan lain yang bergerak pada bidang usaha yang sama.

2.      Pengembangan Ilmu
Kegunaan hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi :
a.   Penulis
Dengan melakukan penelitian ini diharapkan penulis dapat lebih menyadari dan memahami tentang implementasi dari kinerja bauran produk didalam sebuah perusahaan serta dapat mengaplikasikan secara langsung teori-teori yang didapat semasa mengikuti perkuliahan dalam dunia usaha secara nyata.

b.      Peneliti Lain
Semoga hasil dari penelitian ini dapat dijadikan sebagai sumber informasi yang berguna bagi rekan-rekan yang sedang membahas masalah yang sama, sehingga penulis berharap agar penelitian selanjutnya dapat lebih baik dari sekarang.

c.       Pengembangan Ilmu Manajemen
Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai pembanding antara ilmu-ilmu manajemen (secara teori) dengan keadaan yang terjadi langsung di lapangan (praktek) sehingga dengan adanya perbandingan tersebut akan dapat lebih memajukan ilmu manajemen yang sudah ada untuk diterapkan pada dunia usaha secara nyata serta dapat menguntungkan semua pihak.

Akibat Dari Revolusi Telekomunikasi

Hampir dalam segala bidang kehidupan kita sedang mengalami perubahan yang pesat. Kita dapat melihat, mendengar atau bahkan mengalami berbagai perubahan itu, baik yang mempunyai akibat secara langsung pada diri kita ataupun secara tidak langsung, serta yang terjadi dilingkungan sekitar ataupun lingkungan global.

Di penghujung awal dua puluh satu banyak orang yang mengidentikan perubahan yang sedang terjadi secara pesat merupakan bagian dari tren globalisasi. Fenomena yang sedang terjadi diperkuat oleh pendapat seorang futuristis yaitu John Naisbitt dalam bukunya Global Paradox (sumber majalah HP edisi 3:2002). Ia menulis bahwa “salah satu penyebab perubahan yang terjadi adalah Akibat Dari Revolusi Telekomunikasi. Dengan adanya revolusi telekomunikasi sebagai salah satu bentuk perubahan yang sedang terjadi dengan pesat, telah mengakibatkan perubahan pada gaya hidup masyarakat dalam berkomunikasi.” 

Sejalan dengan kemajuan serta perubahan tekhnologi,  peran informasi semakin penting, masyarakat menuntut terjadinya kemudahan disegala bidang yang mampu menunjang aktivitas mereka dalam berkomunikasi, telepon selular, voip, email adalah beberapa contoh dari kemajuan perangkat tekhnologi komunikasi. Dengan hadirnya perangkat tersebut telah mempermudah dan sekaligus mempengaruhi cara berkomunikasi kita saat ini serta kebutuhan akan berkomunikasipun berubah dengan pesat, kemudahan dan kecepatan dalam mengakses informasi menjadi suatu kebutuhan vital dalam berkomunikasi saat ini. Bill Gates mengemukakan dalam speed of thougths, bahwa keunggulan dalam bersaing akan dapat jika kita memperoleh informasi paling cepat mengolahnya dengan tepat serta mendistribusikan informasi tersebut secara tepat dan cepat.

Untuk menjawab kebutuhan ini, dibutuhkan suatu perangkat yang dapat melakukan transfer informasi secara cepat, kapan saja dan dilokasi manapun,       handphone atau yang biasa kita kenal dengan ponsel adalah salah satu piranti telekomunikasi yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dalam berkomunikasi.

Potensi pasar ponsel di Indonesia masih terbuka dengan lebar. Pada tahun 2003 jumlah pengakses ponsel adalah sebesar 10 juta orang dan diperkirakan pada tahun 2004 jumlah itu akan meningkat menjadi 15 sampai 20 juta orang. Nokia, Sony Ericcson, motorola, siemens adalah beberapa nama produsen ponsel yang ikut menyemarakan pasar ponsel; ditanah air. Suatu riset mengemukakan bahwa jika dinegara lain mereka membutuhkan alat komunikasi ini sebagai alat berkomunikasi untuk menunjang pekerjaan mereka, di Indonesia lebih untuk ber-fashion style.

Melihat iklim usaha yang hiperkompetetif ,  perusahaan diharuskan dapat mempertahankan keunggulan kompetetifnya secara berkelanjutan.

Salah satu perusahaan yang mampu mempertahankan keunggulan kompetetifnya sebagai produsen ponsel adalah NOKIA. Menurut informasi yang penulis dapatkan bahwa posisi pasar produsen handphone terbesar di Indonesia adalah NOKIA, dan 35 % didunia adalah konsumen pengguna produk ponsel NOKIA (sumber:nokia.co.id).   

Konsumen adalah salah satu faktor yang sangat penting yang harus diperhatikan oleh produsen ponsel dalam hal ini adalah NOKIA. Sebagai salah satu upaya untuk dapat menjaga hubungan baik dengan para pemakai produknya, NOKIA sebaiknya  mengetahui bagaimana respon konsumen terhadap kinerja bauran produk pada produk yang dihasilkannya.

Berdasarkan observasi yang dilakukan penulis melalui wawancara dengan counter-counter ponsel di Bandung terutama di BEC (Bandung Electronic Center) sebagai pusat penjualan handphone terbesar di Bandung, pada saat ini hampir 70% konsumen di Bandung menggunakan Handphone merek NOKIA sebagai pilihan utamanya

Sebagai salah satu usaha yang potensial untuk mempengaruhi proses pengambilan keputusan pembelian konsumen, kinerja bauran produk mempunyai peran yang tidak sedikit pada proses pembelian konsumen namun pada kenyataannya, terdapat peran dari usaha marketing lainnya yang mempengaruhi proses tadi dan dengan keadaan perkembangan itu sendiri.

Namun hal itu bukanlah penghalang untuk mengetahui kinerja bauran produk pada keputusan pembelian bahkan hal yang terjadi adalah sebaliknya perusahaan dituntut untuk mengetahui tanggapan konsumen atas kinerja bauran produk pada produk yang dihasilkannya.

Hal ini sangatlah penting untuk mengetahui apakah konsumen puas dengan kinerja bauran produk yang ada pada handphone NOKIA. Respon konsumen terhadap  kemasan, merek, kualitas, desain, ukuran, garansi, retur, fitur, layanan, variasi serta bauran produk lainnya yang terdapat pada handphone sangatlah penting untuk diketahui oleh perusahaan. Kemudian perusahaan dapat mengetahui dari beragam jenis bauran produk yang ada, jenis bauran produk manakah yang menjadi preferensi utama para konsumen dalam menentukan pilihan dan alternatif produk yang ada. Informasi yang didapat dari mengetahui preferensi dan kesan dari konsumen tersebut sangatlah penting bagi perusahaan. untuk digunakan sebagai bahan untuk meningkatkan dan memperbaiki keunggulan kompetetif pada produk yang dihasilkannya. 

Jika konsumen merasakan bahwa dengan dilakukannya bauran produk dapat memenuhi kebutuhan dan selera mereka, maka diharapkan dapat menimbulkan respon yang baik dari konsumen kepada produsen handphone/NOKIA serta dapat mempengaruhi konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian handphone serta terciptanya suatu hubungan yang baik antara konsumen dengan produsen handphone dalam peta persaingan dan pasar handphone.

Jenis - Jenis Nirkabel (Wireless)

Wireless yaitu Koneksi antar suatu perangkat dengan perangkat lainnya tanpa menggunakan kabel atau Metode untuk mengirimkan sinyal melalui suatu ruangan bukannya menggunakan kabel. Gelombang radio dan sinar infra merah biasa digunakan untuk komunikasi nirkabel.

Wireless Application Protocol

Disingkat dengan WAP. Standar protokol untuk aplikasi wireless (seperti yang digunakan pada ponsel). WAP adalah sebuah protocol atau sebuah teknik messaging service yang memungkinkan sebuah hp digital atau terminal mobile yang mempunyai fasilitas WAP, melihat/membaca isi sebuah situs di internet dalam sebuah format text khusus. Situs internet ini harus merupakan situs dengan fasilitas WAP.

Teknologi ini merupakan hasil kerjasama antar industri untuk membuat sebuah standar yang terbuka (open standard) dan berbasis pada standar Internet, serta beberapa protokol yang sudah dioptimasi untuk lingkungan wireless.

Teknologi ini bekerja dalam modus teks dengan kecepatan sekitar 9,6 kbps. Belakangan juga dikembangkan protokol GPRS yang memiliki beberapa kelebihan dibandingkan WAP.

Wireless Application Protocol merupakan sebuah protocol pengembangan dari protocol wireless data yang telah ada. Phone.com menciptakan sebuah versi standart HTML (HyperText Markup Language) Internet protocol yang didisain khusus untuk transfer informasi antar mobile network yang efisien. Terminal wireless dengan HDML (Handheld Device Markup Language) microbrowser, dan Handheld Device Transport Protocol (HDTP) dari Phone.com terhubung dengan UP.Link Server Suite yang seterusnya terhubung ke Internet atau intranet dimana informasi yang dibutuhkan berada. Teknologi inilah yang kemudian dikenal sebagai WAP.

Keterbatasan perangkat WAP antara lain:
  • kemampuan Central Processing Unit (CPU) yang lebih rendah dibandingkan CPU yang
  • digunakan pada perangkat wired (seperti komputer)
  • keterbatasan ukuran memory
  • penghematan penggunaan catu daya (power) yang biasanya menggunakan batre
  • ukuran display yang lebih kecil dan terbatas
  • input device yang berbeda dengan device biasa
Disain dari informasi yang dikirimkan melalui WAP biasanya menggunakan format WML, Wireless Markup Language. WML ini mirip HTML, hanya lebih spesifik untuk perangkat wireless yang memiliki keterbatasa seperti di atas.

Wireless Bitmap

Disingkat dengan WBMP. Format grafik yang terdapat dalam WAP. WBMP merupakan format yang mirip dengan format BMP. Gambar dengan standar format WBMP terbagi dalam dua bagian, yaitu :
  • Bagian header, tempat untuk informasi karakteristik dari gambar, seperti tinggi, lebar dan type gambar.
  • Bagian isi yang disebut Type dependent, merupakan bagian dari informasi gambar.
Standar format WBMP ini dibuat dengan susunan yang dapat diperluas kegunaannya. Bagian isi atau Type dapat berubah menjadi format-format baru yang dapat diakses. Walaupun WBMP akan memperlambat transfer data karena ukurannya yang tidak kecil, tetapi menggunakan gambar dapat memberikan informasi yang lebih banyak pada layar berukuran kecil seperti pada handhone.

Wireless Computing

Proses komputerisasi yang dilakukan melalui media jaringan tanpa kabel

Wireless Fidelity

Disingkat dengan WiFi. Merupakan sebuah teknologi yang memungkinkan sejumlah komputer terhubung dalam sebuah jaringan tanpa kabel alias wireless LAN.

Wireless Internet Service Provider

Disingkat dengan WISP. Internet Access Provider atau Internet Service Provider yang berusaha memberikan layanan sambungan nirkabel broadband dan sambungan untuk station bergerak kepada perusahaan pengguna.

Wireless Markup Languange

Disingkat dengan WML. Sebuah standar bahasa yang mirip HTML hanya dikhususkan kepada perangkat wireless seperti cellphone (handphone).

Wireless Entertaintment Device

PDA yang berukuran saku yang memiliki kemampuan konektivitas nirkabel dan dirancang untuk online gaming, konsepnya ialah penggabungan dari telepon seluler dan perangkat seperti Gameboy.

Wireless Card

Kartu yang digunakan untuk mendukung komputer bisa terhubung dalam suatu jaringan. Kartu ini biasanya digunakan pada notebook yang disebut dengan PCMCIA (Personal Computer Memory Card International Association).

Wireless LAN

Jaringan komputer yang terhubung melalui tanpa kabel. Local Area Network dari komputer dan peralatan lainnya yang berkomunikasi lewat sinyal radio atau gelombang cahaya. Sistem ini berguna apabila penyambungan lewat koneksi kabel atau serat optik cukup mahal atau untuk aplikasi koneksi bergerak.

Teknologi komunikasi data dengan tidak menggunakan kabel untuk menghubungkan antara klien dan server. Secara umum teknologi Wireless LAN hampir sama dengan teknologi jaringan komputer yang menggunakan kabel (Wire LAN atau Local Area Network). Teknologi Wireless LAN ada yang menggunakan frekuensi radio untuk mengirim dan menerima data yang tentunya mengurangi kebutuhan atau ketergantungan hubungan melalui kabel. Akibatnya pengguna mempunyai mobilitas atau fleksibilitas yang tinggi dan tidak tergantung pada suatu tempat atau lokasi. Teknologi Wireless LAN juga memungkinkan untuk membentuk jaringan komputer yang mungkin tidak dapat dijangkau oleh jaringan komputer yang menggunakan kabel.

Wireless PAN

Personal Area Network yang terhubung dengan media tanpa kabel. Teknologi yang digunakan pada wirelessPAN ini adalah IrDA dan Bluetooth.

Wireless Modem

Modem yang digunakan untuk jaringan tanpa kabel.

Infra Merah

Gelombang cahaya infra merah. Gelombang ini dapat digunakan untuk proses transmisi data untuk jarak dekat.

Standard wireless networking yang diluncurkan pada dasarnya adalah menggunakan hubungan radio jarak dekat atau short-range radio link untuk pertukaran informasi, sehingga hubungan antar hp, mobile PC, PDA, dan lainnya dapat dilakukan tanpa gangguan kabel atau wireless.

Bluetooth

Tujuan dari peluncuran bluetooth ini diantaranya adalah untuk mengganti spesifikasi IrDA dari InfraRed pada hp dan peralatan mobile lainnya.

Bluetooth menyediakan transfer data 720 Kbps dalam range 40 feet. Bluetooth menggunakan gelombang radio yang omni direksional dan dapat menembus dinding. Ini berbeda dengan IrDa yang menggunakan teknologi pandang dan perlu satu sama lain agar bisa melakukan kontak.

Ericsson memberikan sumbangan mereka pada teknologi radio,Toshiba dan IBM mengembangkan spesifikasi untuk mengintegrasi teknologi {Bluetooth} kedalam peralatan mobile.Intel menyumbangkan keahlian mereka dalam chip dan software sedangkan Nokia menyumbangkan keahlian mereka dalam teknologi radio dan mobile handset software.

Banyak perusahaan lain juga diundang untuk mendukung teknologi intinya sehingga diharapkan teknologi ini dapat dipakai dalam banyak peralatan. Radio ini akan beroperasi pada 2.45 GHz ISM {free band} (Industrial Scientific Medical), yang memungkinkan pengguna internasional dengan peralatan yang dilengkapi dengan {Bluetooth} dapat menggunakan peralatan mereka dimana saja diseluh dunia.

Nama Bluetooth berasal dari King Harald Bluetooth dari Denmark. Ericsson (suatu perusahaan Skandinavia) adalah perusahaan yang pertamakali mengembangkan spesifikasi ini.

3G

3G atau third generation adalah istilah yang digunakan untuk sistemkomunikasimobile generasi selanjutnya. Sistem ini akan memberikan pelayanan yang lebih baik dari apa yang ada sekarang, yaitu pelayanan suara,text dan data.

Jasa layanan yang diberikan oleh 3G ini adalah Jasa pelayanan Video, akses ke multimedia dan mobile Internet kecepatan tinggi, adalah beberapa kemungkinan yang akan didapat oleh konsumen pada masa yang akan datang. Sistem 3rd Generation akan memperbesar kemungkinan2 pada sistem komunikasi dan informasi.

Keuntungan utama adalah sistem ini akan menawarkan pelayanan dengan kapabilitas high-end, yang mana termasuk peningkatan kapasitas, kualitas dan data rate dari apa yang ada sekarang. Juga akan dapat melakukan pemakaian serentak dari beberapa jasa pelayanan.

Sistem 3rd Generation juga akan menjembatani celah yang ada antara dunia wireless dan dunia computer/internet.

Service Set Identifier

Nama dari suatu wireless local area network, digunakan pada semua perangkat nirkabel agar bisa untuk berkomunikasi satu sama lainnya.

Antenna

Suatu alat yang digunakan untuk mengirim maupun untuk menerima suatu sinyal. Antena ini lebih ditujukan untuk network tanpa kabel, seperti antenna televisi, antenna handphone, antenna untuk WLAN (Wireless Local Area Network), satellite dish.

Berbagai Macam Media Transmisi

Media apa saja yang dapat digunakan untuk transmisi data ini? Terdapat berbagai macam media, baik di internal sistem komputer maupun untuk antar komputer itu sendiri. Untuk internal komputer, selain digunakan kabel, juga bus.

BUS

Bus merupakan jalur penghubung antar alat pada komputer yang digunakan sebagai media dalam proses melewatkan data pada suatu proses. Bus ini bisa dianggap sebagai sebuah pipa, dimana pipa atau saluran tersebut digunakan untuk mengirimkan dan menerima informasi antar alat yang dihubungkannya. Pada sistem komputer, bus ini termasuk perangkat internal, kecepatan pengiriman informasi melalui bus ini dilakukan dengan kecepatan tinggi.

Alat transformasidata dari terminal satu ke terminal lain di dalam CPU. Jalur utama aliran data antara processor ke komponen lainnya (seperti sound card, video card, memory) pada mainboard.

Karakteristik bus adalah:

1. Jumlah interupsi mementukan banyak perangkat independen yang melakukan I/O.

2. Ukuran bus dataeksternal berakibat pada kecepatan operasional I/O.

3. Ukuran bus alamat menentukan banyak memori yang ditunjuk board ekspansi.

4. Kecepatan clock maksimum yang dapat diakomodasi bus berakibat pada kinerja.

Interkoneksi antar komponen. Bus ini terdiri dari:

1. Bus alamat (address bus),

2. Bus data (data bus),

3. Bus kendali (control bus).

Satu bentuk tataletak jaringan yang menggunakan satu buah kabel dimana seluruh nodejaringan disambungkan. Dikenal juga dengan topologi bus.

Secara umum, selain bus itu sendiri, media tersebut adalah: Kabel (wired) dan Nirkabel (wireless)

Kabel (Wired)

Kabel, media untuk mengantarkan arus listrik atau informasi. Bahan dari kabel ini beraneka ragam, khusus sebagai pengantar arus listrik, umumnya terbuat dari tembaga dan umumnya dilapisi dengan pelindung. Selain tembaga, ada juga kabel yang terbuat dari serat optik, yang disebut dengan fiber optic cable.

Seputar Bandwidth dan Throughput

Seputar Bandwidth dan Throughput
Bandwidth (disebut juga Data Transfer atau Trafik) adalah data yang keluar+masuk/upload+download ke account anda. Misalnya anda menerima/mengirim email, asumsikan besarnya email yang diterima/dikirim adalah 4 KB, berarti secara teori, untuk bandwidth 1.000 MB (1.000.000 KB) anda bisa *kirim* 250.000 email atau berbagai variasi antara kirim/terima, 100.000 kirim, 150.000 terima. Ini hanya contoh untuk penjelasan bandwidth, pada kenyataannya, data yang keluar masuk ke account anda bisa datang dari pengunjung (yang mendownload halaman web anda ke PC-nya), atau anda upload gambar/file ke account anda dan sebagainya.
Bandwidth adalah luas atau lebar cakupan frekuensi yang digunakan oleh sinyal dalam medium transmisi. Dalam kerangka ini, bandwidth dapat diartikan sebagai perbedaan antara komponen sinyal frekuensi tinggi dan sinyal frekuensi rendah. Frekuensi sinyal diukur dalam satuan Hertz. Sinyal suara tipikal mempunyai bandwidth sekitar 3 kHz, analog TV broadcast (TV) mempunyai bandwidth sekitar 6 MHz.
Di dalam jaringan komputer, bandwidth sering digunakan sebagai suatu sinonim untuk data transfer rate yaitu jumlah data yang dapat dibawa dari sebuah titik ke titik lain dalam jangka waktu tertentu (pada umumnya dalam detik). Jenis bandwidth ini biasanya diukur dalam bps (bits per second). Adakalanya juga dinyatakan dalam Bps (bytes per second). Suatu modem yang bekerja pada 57,600 bps mempunyai bandwidth dua kali lebih besar dari modem yang bekerja pada 28,800 bps. Secara umum, koneksi dengan bandwidth yang besar/tinggi memungkinkan pengiriman informasi yang besar seperti pengiriman gambar/images dalam video presentation.

Seputar Bandwidth dan Throughput
 Paket-paket bandwidth yang disediakan oleh CHANNEL-11 bervariasi. Dari mulai 32 kbps sampai dengan 256 kbps. 32 kbps berarti bahwa dalam setiap detiknya user dapat mengirimkan paket data sebesar 32 kb (kilobits). Atau jika semisal anda ingin mengambil/mengirim sebuah data yang besarnya 1 MB (Mega Byte) maka secara teori dapat dihitung 1 MB x 8 x 1024 = 8192 kb sehingga estimasi waktu yang dibutuhkan adalah 8192/32 = 256 detik = 4.2 menit. Waktu ini adalah perhitungan waktu kasar dimana dalam kenyataannya data yang akan dikirim atau diambil akan ditambahkan beberapa bit lagi sebagai header dan yang lainnya sehingga akan menambah lamanya transmisi data. Sebagai catatan bahwa 1 MB =1024 kb
Bagaimana menghitung kapasitas jaringan.
Dalam melakukan perhitungan, ada 2 faktor dasar yang perlu di perhatikan
1. Bandwidth
2. Throughput
Bandwidth adalah nilai kotor kapasitas maksimal sebuah jaringan. Sedangkan Throughput adalah nilai riil dari penggunaan jaringan yang bisa digunakan. Througput adalah bandwidth actual yang diukur secara spesifik.
Jadi nilai bandwidth selalu lebih besar dari pada nilai throughput.
Jadi bisa saja terjadi dimana dengan bandwidth misalnya 256 Kbps, secara perhitungan kita harusnya bisa mendownload selama 1 detik, ternyata waktu yang kita butuhkan adalah 4 detik. Dari sini kita bisa melihat bahwa throughput yang didapat sebetulnya hanyalah 64 Kbps.
 

 Throughput yang didapatkan kadang bisa sangat jauh dari harapan. Penyebabnya banyak. Diantaranya adalah
ü  Perangkat jaringan (misalnya, sudah terlalu tinggi loadnya, setting yang kurang tepat, dll)
ü  Tipe data yang ditransfer ( misalnya, umumnya web lebih cepat dari ftp)
ü  Topologi jaringan
ü  Jumlah pengguna
ü  Spesifikasi komputer pengguna/user/server
ü  Interferensi (misalnya listrik, cuaca, dll)
Mengenai jumlah pengguna, mari membuat hitung2xan singkat yang tidak terlalu tepat tapi bisa menggambarkan sedikit pengaruhnya. Jika 1 orang menggunakan transfer sebesar 16 Kbps berapa jumlah user untuk memenuhi jumlah 256 Kbps ?
Jumlahnya 16 orang saja yang didapat dari 256/16.
Beberapa informasi umum :
Ethernet umumnya hanya mampu melewatkan data sebesar 12% dari kapasitas maksimumnya. Jadi bila kita bicara fastethernet dengan kecepatan 100 Mbps, umumnya dia hanya mampu melayani hingga 12 Mbps saja. Sedangkan sisanya digunakan untuk keperluan transport protokol Ethernet itu sendiri. Salah satu teknik untuk mengoptimalisasi bandwidth bisa dilakukan dengan menggunakan bandwitdh management Pemantauan penggunaaan network bisa dilakukan dengan menerapkan Network Management System dan menerapkan protocol AAA didalamnya, management ip dan bandwitdh limiter/management.
 

 Beberapa aplikasi seperti VOIP dan VPN akan menyita bandwitdh dengan meminta alokasi dalam jumlah tertentu, seberapa besarpun aktual request dibuat. Pada voip terdapat nilai paiload yang bisa digunakan untuk mengatur besar bandwidth yang digunakan, yang umumnya memiliki nilai minimal/default pada 16 Kbps. Hal ini akan berpengaruh pada kualitas suara. Pada VPN, nilai bandwidth yang diperlukan sangat bervariasi tergantung pada keluaran produksinya. Secara umum VPN membutuhkan 56 Kbps tapi tidak menutup kemungkinan kebutuhan ini melonjak, yang sekali lagi tergantung pada jenis VPN yang digunakan.
Secara umum, pengguna terbanyak dari bandwidth adalah, virus, trojan, junk, dan “hal lain” yang tak disadari oleh user, misalnya auto update microsoft windows yang secara default menyala dan terus mendownload setiap update yang ditemukan, terlepas dari apakah update tersebut akan di install atau tidak.
Dengan menerapkan perhitungan matematis mengenai faktor-faktor diatas bisa didapatkan jumlah kapasitas aktual yang diperlukan untuk melayani jumlah pengguna tertentu.
 

X-tra Indonesia Blogger Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger